Home / Berita

Kamis, 4 Februari 2021 - 07:17 WIB

19 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit Pematangsiantar Lakukan Vaksinasi Covid-19 Perdana

77 Views
Terakhir Dibaca:2 Menit, 14 Detik

Kompas Nasional,  Siantar  | Vaksinasi untuk terhindar dari Covid-19 digelar serentak di Kota Siantar selama 7 hingga 10 hari kedepan. Vaksinasi dimulai sejak hari ini, Rabu (3/2/21) di 19 Puskesmas dan 2 rumah sakit (RS). Yakni, RSU Dr Djasamen Saragih dan RS Tentara.

Vaksin anti Covid-19 yang disuntikkan kali ini berupa vaksin Sinovac, produk negeri Tiongkok (Cina). 

Periode ini, peruntukannya bagi 2600-an tenaga medis serta unsur pimpinan daerah di Kota Siantar yang tergabung di dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan pejabat lainnya.

Untuk unsur Forkopimda dan pejabat lain yang ada di Kota Siantar, vaksinasi anti Covid-29 merk sinovac dilakukan di Puskesmas Parsoburan di Jalan Parsoburan, Kelurahan Keristen, Kecamatan Siantar Selatan, Kota Siantar, sejak jam 09.00 WIB.

Tampak hadir di Puskesmas Parsoburan, Walikota Siantar Dr Hefriansyah SE MM, Kepala Dinas Kesehatan dr Ronald Saragih, Sekretaris Satgas Penanggulangan Covid-19 Kota Siantar Daniel Siregar, Kapolres Siantar AKBP Sutan Boy Binanga Siregar, Wakapolres Siantar, Wadan Rindam I/BB, Ketua DPRD Siantar Timbul Marganda Lingga, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Derman Nababan dan lainnya.

Baca Juga  Polsek Bangkinang Barat Terus Lakukan Upaya- upaya Cegah Penyebaran Covid- 19

Walikota Siantar Dr Hefriansyah sempat dipanggil petugas medis Puskesmas Parsoburan untuk divaksin. Hanya saja, vaksin terhadap orang nomor satu di Kota Siantar ini tidak jadi dilakukan. Karena tensi darah Dr Hefriansyah mencapai 162/90 hg. Sementara ambang batas tertinggi untuk bisa disuntikkan vaksin sinovac 130/80 hg.

Selain Walikota, Kapolres Siantar juga tidak divaksin. Sedangkan yang sempat terpantau menerima vaksin diantaranya, Ketua DPRD Siantar Timbul Marganda Lingga SH, Wakapolres, Kadis Kesehatan Siantar dr Ronald Saragih.

Kepada jurnalis, Walikota Siantar mengatakan, ia berharap dapat divaksin di periode berikutnya. Hal itu ia harapkan, karena ia tidak bisa divaksin diperiode hari ini, Rabu (3/2/21). “ Periode berikutnyalah,” ucap Dr Hefriansyah.

Baca Juga  Diareal Kandang Ayam Sat Narkoba Siantar Tangkap 2 Pria dan 1 Wanita bersama 32.03 Gram Lebih Shabu

Sementara itu, dr Ronald Saragih menjelaskan, Walikota tidak jadi divaksin karena tensinya tinggi dan sedang flu. Kapolres Siantar juga tidak bisa divaksin dikarenakan sudah pernah positif covid-19. Walikota akan divaksin kemudian, sebagaimana saran dari pihak Puskesmas nantinya.

Dikatakan dr Ronald, vaksinasi anti Covid-19 berlangsung sejak hari ini, selama 7 atau 10 hari kedepan, untuk 2600-an orang penerima vaksin di Kota Siantar pada 19 Puskesmas dan 2 rumah sakit. Setiap harinya, vaksinasi akan dilakukan dua sesi. Yakni, mulai jam 09.00 WIB untuk 20 orang dan jam 13.00 WIB untuk 20 orang lagi.

Dijelaskan dr Ronald, untuk memberikan vaksin kepada satu orang penerima vaksin, membutuhkan waktu dikisaran 18 hingga 20 menit, ditambah masa observasi pasca divaksin selama 30 menit.

Sebutnya, sebelum divaksin, petugas medis akan mengajukan 16 pertanyaan, untuk mengetahui kelayakan calon penerima vaksin untuk mendapat suntikan vaksin. “Ada 16 pertanyaan yang diajukan,” ucap dr Ranald Saragih.

Penulis : Toni Tambunan

Editor  :  N Pakpahan

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Musrenbang Kecamatan Nainggolan Digelar
Gubernur Papua dievakuasi ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik Air dan langsung dibawa ke RSPAD Jakarta

Berita

Gubernur Papua dievakuasi ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik Air dan langsung dibawa ke RSPAD Jakarta

Berita

Gedung Kejagung Terbakar, Rekaman CCTV Kegiatan Jaksa Pinangki Diduga Ikut Ludes

Berita

Heboh Dua Pulau RI Dijual Online, Berapa Harganya?

Berita

KURSI ANGGOTA DEWAN BANYAK YANG KOSONG & ANGGOTA DEWAN BANYAK YANG TERLAMBAT DALAM MENGIKUTI SIDANG PARNIPURNA ISTIMEWA

Berita

Kodim 0212 TS Terbaik l Se-Sumut Dalam Kegiatan Pelayanan KB

Berita

Perusahaan Pialang Berjangka Diduga Tipu Nasabah

Berita

Pemko Psp Serahkan Bantuan Pupuk Dan Bibit Bawang Merah Serta Cabe Kepada Kelompok Tani