KompasNasional.com, Banda Aceh – Provinsi Aceh yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama Sumatera Utara pada PON XXI/2024 siap diverifikasi oleh tim penjaringan KONI Pusat, pada 5 – 7 Maret 2018.

Wakil Sekretaris panitia pemenangan PON XXI/2024 Aceh – Sumut, Muhammad Nasir kepada wartawan di Banda Aceh, Senin menyatakan, untuk menghadapi verifikasi tersebut, panitia pemenangan PON Aceh – Sumut sudah memastikan semua kesiapan.

“Kami sudah melakukan rapat persiapan di sekretariat panitia, komplek Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Minggu (25/2),” ujar Nasir yang didampingi Kepala Kadispora Aceh Musri.

Kepastian kesiapan sejumlah agenda yang ditetapkan mulai dari penjemputan tim KONI Pusat, welcome dinner, ramah tamah, rapat, ekspose sebagai tuan rumah PON hingga peninjauan dan verikasi venue.

Disebutkan, tuan rumah bersama PON XXI/2024 Aceh – Sumut telah mendapatkan dukungan secara tertulis dari 25 provinsi di Tanah Air.

Sebelum penetapan sebagai calon tuan rumah PON, atau biding PON yang akan dilaksanakan April 2018, provinsi yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah diverifikasi oleh tim penjaringan tuan rumah PON dari KONI Pusat.

“Alur kegiatan sudah kita siapkan untuk menghadapi verikasi yang dilakukan oleh tim dari KONI Pusat,” ujar Nasir.

Nasir menjelaskan tim dari KONI pusat akan melakukan peninjauan dan verifikasi venue di Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Pidie, Bireuen dan Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.

“Jadi venue-venue tersebut ada di enam kabupaten kita gunakan untuk mereka lakukan verifikasi,” sebut Sekretaris Umum KONI Aceh ini.

Dijelaskannya, sesuai saran panitia pemenangan PON Aceh -Sumut kepada tim dari KONI Pusat bahwa untuk peninjauan dan verivikasi venue di enam kabupaten tersebut dibagi dalam tiga tim. “Tim akan bergerak sesuai tanggal yang telah ditentukan,” jelasnya.

“Sebelum peninjauan dilakukan, kita lebih dulu mengirimkan tim dari panitia untuk memastikan venue-venue tersebut untuk ditinjau,” katanya.

Disebutkannya, peninjauan dan verifikasi dilakukan terhadap venue 28 cabang olahraga. “Yang dibutuhkan KONI Pusat, 30 persen tersedia dan kesiapan venue, untuk bisa lolos menjadi calon tuan rumah PON,” ujar dia.

“Kita sudah menyiapkan 70 persen venue yang eksisting. Artinya kalau hari ini diadakan PON, hari ini juga venue itu bisa digunakan,” katanya.

Nasir menjelaskan, calon tuan rumah PON XXI/2024 Aceh – Sumut akan mempertandingkan 56 cabang olahraga. “Aceh akan mempertandingkan 28 cabang olahraga,” terangnya.(Antara/TR)