Home / Berita / Daerah / Medan / Reviews

Sabtu, 23 Juni 2018 - 10:41 WIB

Bawa 5 Penumpang, 1 Lagi Kapal Tenggelam di Danau Toba

Ilustrasi. (Liputan6)

Ilustrasi. (Liputan6)

174 Views
Terakhir Dibaca:1 Menit, 42 Detik
KompasNasional.com,Samosir – Di saat tim SAR gabungan masih disibukkan dengan pencarian korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Senin (18/6/2018) lalu, kembali diperoleh kabar musibah pada Jumat (22/6/2018) malam.
Info yang diperoleh, Jumat sekira jam 22.30 Wib, kembali telah terjadi kecelakaan kapal di perairan Danau Toba. KM Ramos Risma Marisi dikabarkan tenggelam di perairan Danau Toba, antara Nainggolan (Samosir) dan Pulau Sibandang (Tapanuli Utara).
Dalam keterangan yang diperoleh melalui grup WhatsApp, kapal tersebut dikabarkan membawa 5 orang penumpang laki-laki. Dari kelima pria tersebut, satu orang bermarga Situmorang dikabarkan selamat.
KM RR Marisi disebutkan mengalami kecelakaan akibat mati mesin dalam cuaca hujan deras, angin kencang dan ombak. Peristiwa tersebut terjadi setelah mereka menurunkan penumpang di Pelabuhan Nainggolan lalu kembali ke Pulau Sibandang dengan kondisi lampu kapal tidak ada.
Tiba-tiba, kapal menabrak bambu yang ada di tengah danau. Saat itu, Ama Monang Lumban Raja menyuruh Jaifan Situmorang dan Rahmat Dani masuk ke dalam air untuk melihat kipas kapal.
Kondisi kapal saat itu sudah terdampar sampai ke pinggir danau. Mereka berdua kemudian berupaya mendorong kapal tersebut kembali perairan.
Namun, tiba-tiba arus kencang dan membawa kapal dan mereka berdua ke tengah danau. Joifan Situmorang dan Rahmat Dani yang ada di tengah danau berupaya menyelamatkan diri. Sayang, Joifan Situmorang yang berhasil selamat sampai ke pinggir danau.
Menurut pengakuan Joifan Situmorang, temannya Rahmat Dani tidak bisa menyelamatkan diri karena kelelahan. Adapun nama-nama penumpang dalam kapal tersebut sebelum mengalami kecelakaan adalah:
1. Joifan Situmorang
2. Rahmat Dani
3. Sahat Simorangkir
4. Jolom Sipayung
5. Ama Monang Lumbanraja
Koordinator Pos SAR Danau Toba/Parapat, Torang Hutahaean mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kapolsek Onanrunggu dan menggerakkan kapal masyarakat untuk membantu memberikan pertolongan.
“Dua kapal sudah diberangkatkan, yakni KM Petrus & KM Horas Bunda bergerak menuju lokasi kejadian untuk melaksanakan operasi SAR,” sebutnya.
Meski begitu, Torang menyebut, mengingat jauhnya lokasi musibah dari posko Onangrunggu, diperkirakan tidak akan efektif melakukan pencarian malam ini. “Tim Pos SAR Danau Toba digerakkan esok hari pukul 07:00 Wib,” pungkasnya.(M24J/TR)
0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Baca Juga  Fasilitas Umum di Kabupaten Bogor akan Dibuka Bertahap

Share :

Baca Juga

Berita

Hasil Bertani Kopi Memuaskan

Berita

Dirut PDAM Surabaya Diduga Terpapar COVID-19 Usai Sopir Meninggal Akibat Radang Paru-Paru

Berita

STOP PRESS! Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Meninggal Dunia

Berita

Gubernur Anies Nyatakan Siap Ikut Perbaiki Stadion GBK Pasca-Kerusakan Akibat Ulah Suporter

Berita

Mahalnya Toilet Para Anggota Dewan, Sampai Miliaran Rupiah

Berita

Perwa Nomor 58 Tahun 2020 Terbit Edi Minta Mulai Di Terapkan

Berita

Kodim 0212 /TS Gelar Komsos Dengan KB TNI Se-Tabagsel

Berita

Kuburan Massal, Bukti Pembantaian Etnis Rohingya oleh Militer Myanmar