kompasnasional.com | AMSTERDAM – Nasib tragis harus menimpa Belanda yang dipastikan gagal ke putaran final Piala Dunia 2018.

Meski menang 2-0 atas Swedia pada laga pamungkas Grup A, Rabu (11/10/2017) dini hari tadi WIB, namun hasil itu belum cukup memuluskan langkah Tim Oranye. 

Kegagalan ini membuat Belanda absen tampil di dua turnamen besar secara beruntun. Sebelumnya, Arjen Robben dkk juga tidak berpartisipasi pada Piala Eropa 2016 lalu.

Dikutip dari Opta, absennya Belanda di dua turnamen besar secara beruntun merupakan capaian terburuk negara yang pernah menjajah Indonesia itu, sejak 31 silam.

Timnas Belanda terakhir kali gagal tampil di dua ternamen besar terjadi pada Piala Eropa 1984 dan Piala Dunia 1986.

Sebelum laga dini hari tadi, Belanda berada di peringkat 3 Grup A dengan 16 poin, tertinggal tiga angka dari Swedia di posisi 2 (slot untuk lolos ke babak play off).

Sialnya, selisih gol Belanda dan Swedia terpaut jauh, 19 berbanding 7. Sementara dalam aturan penentuan peringkat, jika poin sama maka yang jadi acuan adalah selisih gol.

Dengan ini, maka ada 23 negara yang lolos Piala Dunia 2018. Artinya tersisa 9 tiket yang akan diperebutkan November mendatang.

Sembilan negara Eropa yang lolos otomatis setelah menjadi juara di grup masing-masing sudah diketahui. Mereka adalah Prancis, Portugal, Jerman, Serbia, Polandia, Inggris, Spanyol, Belgia dan Islandia.

Sementara delapan negara yang menjadi runner up grup terbaik juga sudah lengkap. Antara lain, Swiss, Italia, Denmark, Kroasia, Swedia, Irlandia Utara, Yunani dan Republik Irlandia. Slovakia tersingkir karena menempati posisi buncit dalam rangking runner up terbaik semua grup.

Kedelapan runner up terbaik ini akan diundi untuk melakoni babak play off dengan sistem home away. Empat tim pemenang akan melenggang ke Rusia tahun depan.

Dari zona Conmebol, Argentina lolos dari lubang jarum dan memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Tim Tango yang semula berada di peringkat 6 akhirnya menempati posisi 3 klasemen akhir zona Conmebol setelah menang 3-1 atas Ekuador.

 

Justru Chile yang sempat berada di peringkat 3 yang tersingkir karena kalah 0-3 dari Brasil, Rabu (11/10/2017) pagi tadi WIB.
Dengan demikian wakil Conmebol adalah Brasil, Uruguay, Argentina dan Kolombia. Sementara Peru akan melakoni laga play off melawan New Zealand.

Adapun zona CONCACAF diwakili tiga negara yang merebut tiket otomatis. Yaitu Meksiko, Kosta Rika dan Panama. Honduras yang menempati peringkat 4 klasemen akhir berhak mengikuti laga play off melawan wakil Asia, Australia.

Zona Asia sendiri sudah lebih dulu memastikan empat negara yang merebut tiket lolos otomatis. Mereka adalah Iran, Arab Saudi, Korea Selatan dan Jepang.

Dari Zona Afrika, baru dua negara yang dipastikan lolos, Nigeria dan Mesir. Tiga tiket tersisa dari zona ini akan diketahui November mendatang.

Daftar 23 negara yang lolos Piala Dunia 2018.

(pjkst|dwk)