Home / Nasional

Sabtu, 24 Juli 2021 - 19:00 WIB

Bom Lontong Milik Teroris MIT Poso yang Tewas Punya Daya Ledak Tinggi

108 Views
Terakhir Dibaca:2 Menit, 3 Detik

Kompasnasional l Satgas Madago Raya menemukan beberapa barang bukti, salah satunya bom lontong, dari terduga teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso berinisial B alias AA alias A yang ditembak mati. Polisi menguji kekuatan bahan peledak yang ditemukan dalam kandungan bom lontong milik terduga B alias AA alias A itu hari ini.

Pengujian kekuatan bahan peledak dilakukan di Mako Detasemen B Pelopor Satbrimob Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) di Landangan, Poso. Setelah diurai oleh Gegana dan diperiksa Puslabfor Mabes Polri, ditemukan ada beberapa unsur bahan peledak dan beberapa materi di dalam bom lontong tersebut.

“Unsur bahan peledak dan material di dalam bom lontong diduga milik B alias AA alias A berupa detonator, serbuk warna cokelat yang diduga bahan peledak, 29 biji paku panjang 4 cm kondisi berkarat, 60 butir gotri, serta lakban,” ujar Wakasatgas Humas Madago Raya AKBP Bronto Budiyono kepada wartawan, Sabtu (24/7/2021).

Baca Juga  Setneg Resmi Alihkan Pengelolaan TMII ke PT TWC

Bronto mengatakan uji coba untuk mengetahui daya ledak terhadap kandungan serbuk cokelat yang diduga sebagai bahan peledak juga dilakukan. Hasilnya, kata Bronto, bom lontong itu berdaya ledak tinggi (high explosive).

“Hasilnya serbuk yang ditemukan dalam bom lontong milik terduga teroris yang dilumpuhkan hari Sabtu tanggal 17 Juli 2021 adalah bahan peledak dengan jenis high explosive atau berdaya ledak tinggi. Di mana dalam radius 30 meter, apabila paku atau gotri tersebut mengenai orang, bisa mematikan, dan radius 50 meter dapat melukai orang,” tuturnya.

“Uji coba bahan peledak perlu dilakukan Satgas Madago Raya. Selain untuk mengetahui daya ledak, juga untuk melengkapi langkah-langkah penyelidikan atau penyidikan dalam rangka penegakan hukum tindak pidana terorisme,” imbuh Bronto.

Sebelumnya, Satgas Madago Raya kembali terlibat kontak tembak dengan kelompok teroris MIT Poso di Kelurahan Tanah Lanto, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulteng. Kontak tembak terjadi sekitar pukul 11.30 Wita, Sabtu (17/7).

Baca Juga  Kemenhub sebut aturan taksi online masih berlaku hingga November 2017

“Jadi tadi sekitar jam 11.30, Satgas Madago Raya kontak tembak lagi di Desa Tanah Lanto, Parimo,” kata Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Didik Supranoto kepada detikcom, Sabtu (17/7).

Didik menyebut satu teroris MIT Poso tertembak dan tewas. “Terduga teroris DPO Poso meninggal dunia,” ucap Didik.

Didik menyampaikan Satgas Madago Raya juga menyita satu pucuk senjata api jenis revolver, dua buah bom lontong, dan sebilah golok dari teroris tersebut. Selain mengevakuasi jasad teroris tersebut, tim Satgas Madago Raya mengejar teroris MIT Poso lainnya yang melarikan diri pasca-kontak tembak.

“Barang buktinya ada satu pucuk revolver, dua bom lontong, satu bilah senjata tajam jenis golok dan baju loreng. Ini masih mengejar kawan-kawannya juga,” jelas Didik.
(DN/Red)

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Nasional

Ngutang Rp50 Miliar ke Negara, Kemenkeu Terus Kejar Putra Soeharto Bambang Trihatmodjo

Berita

Satu WNI Tertembak Saat Abu Sayyaf Kembali Serang Kapal Indonesia

Berita

Ternyata Urus SIM di Medan Ribet dan Termahal di Indonesia!!!

Ekonomi

Harga Daging Sapi Lokal Tembus Rp 150.000, Daging Sapi Impor Cuma Rp 100.000/Kg

Berita

187 Saham Melemah, IHSG Tak Mampu Pertahankan Kekuatannya

Berita

SMP Negeri 2 Lolofitu Moi Adakan Lomba Pidato Bahasa Inggris

Ekonomi

Rupiah Menguat Jelang Pengumuman Perombakan Kabinet Jokowi

Berita

Jaksa Agung Sebut Hary Tanoe Tersangka, Ini Kata Polisi