Home / Berita / Daerah

Rabu, 19 Agustus 2020 - 21:27 WIB

Bupati JR Saragih: Almarhum Seorang Dokter Meninggal Dunia Sebagai “Pahlawan Covid-19” Di Kabupaten Simalungun

165 Views
Terakhir Dibaca:2 Menit, 8 Detik

Kompas Nasional I Simalungun

“Almarhum seorang dokter dan kepala Puskesmas di Kabupaten Simalungun, meningal dunia sebagai seorang Pahlawan Covid-19”, kata Bupati JR Saragih.

Menyedihkan, diduga akibat Covid-19, seorang dokter yang bertugas di Puskesmas  Kabupaten Simalungun Sumatera Utara meninggal dunia, pada Selasa (18/08/2020) sekira pukul 22.30 WIB di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djasamen Saragih Kota Pematangsiantar.

Diketahui sebelumnya, dr Edwar F Sipayung  yang juga menjabat sebagai Kepala Puskesmas di Kabupaten Simalungun sempat menjalani perawatan di beberapa rumah sakit di Kota Pematangsiantar, Simalungun dan di Kota Medan sebelum dinyatakan meninggal dunia dengan status positif Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kabupaten Simalungun JR Saragih kepada awak media.

“Beberapa hari lalu, almarhum sudah mendapatkan perawatan di beberapa rumah sakit, baik Siantar maupun Simalungun, bahkan sampai ke Medan dan almarhum dikatakan positif Covid-19,” ucap Bupati Simalungun sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan (GTPP) Covid-19, di RSUD Djasamen Saragih, pada Rabu (19/08/2020).

Baca Juga  Kebakaran Hebat di Tamansari Dipicu Warganya Sendiri?

Bupati JR Saragih juga mengatakan, bahwa almarhum dr Edwar F Sipayung sempat membaik dan diijinkan melakukan isolasi mandiri. Namun, pada Selasa, dr Edwar F Sipayung datang ke RSUD Djasamen Saragih untuk mendapatkan penanganan, lalu meninggal dunia pada Rabu (19/08/2020).

Lebih lanjut JR Saragih juga mengatakan, penguburan almarhum akan dilakukan dengan standar protokoler kesehatan yang berlaku.

“Menurut yang kami terima dari Direktur RSUD, almarhum positif rapid test, sehingga penguburannya harus dilakukan sesuai protokoler kesehatan,” ucap JR Saragih.

JR Saragih juga mengatakan, bahwa almarhum adalah seorang pahlawan Covid-19 karena telah berjuang dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 selama pandemi.

Informasi dihimpun, dr Edwar F Sipayung sebagai Pahlawan Covid-19 dan  salah seorang Kepala Puskemas di Kabupaten Simalungun meninggal dengan meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

Baca Juga  BPOM Sebut Susu Kental Manis Tak Mengandung Susu

Informasi lebih lanjut,
dr Edwar F Sipayung sebelumnya sudah pernah menjalani perawatan medis di Kota Medan karena penyakit penyerta yang dialaminya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun dr Lidya Saragih ditemui di lokasi pemakaman, Rabu (19/08/2020) membenarkan pasien meninggal merupakan Kepala Puskemas di Kabupaten Simalungun. 

Terkait lamanya dilakukan pemakaman, dr Lidya mengatakan setelah meninggal bisa tidak langsung dimakamkan.

“Sesuai SOP terbaru tidak bisa lewat dari 24 jam,” katanya. 

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Kota Pematangsiantar Daniel Siregar mengatakan, bahwa dr Edwar F Sipayung  sudah pernah menjalani perawatan di rumah sakit  Medan.

Setelah menjalani perawatan dinyatakan sembuh dan pulang ke Kota Pematangsiantar menjalani isolasi mandiri.

“Dua hari dirawat, ada penyakit penyerta pasien, seperti jantung, asam urat, kolesterol,” kata Daniel.

Penulis: Nilson Pakpahan

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
100 %
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Orang-orang Ini Dapat Rejeki Nomplok Tak Terduga

Daerah

Dandim 0313/KPR Silahturahmi Dengan GPSM Kampar

Berita

Ternyata Urus SIM di Medan Ribet dan Termahal di Indonesia!!!

Berita

Menunggu 1 jam rompi oranye tak kunjung datang, Masinton tinggalkan KPK

Berita

DPD Ormas Indonesia Bersatu Mengusulkan DR.Lenis Kogoya

Berita

‍‍‍Bansos COVID-19 Dipungli Nagori Silakkidir Junimart Girsang: “Saya Akan Kawal Laporan Ini”

Berita

Penghulu Tak Berani Nikahkan, Pernikahan Anak 12 Tahun batal di Sulsel

Berita

Walikota Siantar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Dakwah dan Pendidikan Syekh M.Arisyad Thalib Lubis