kompasnasional.comPerusahaan raksasa teknologi diketahui suka memberikan pertanyaan yang sangat sulit saat wawancara kerja. Tujuannya satu, untuk mendapatkan pegawai terbaik di antara seluruh kandidat.

Namun, baru-baru ini Apple malah melakukan hal inovatif sekaligus unik terkait informasi lowongan kerja di perusahaan.

Alih-alih mengiklankan lowongan itu secara terbuka, perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini malah menyembunyikan lowongan kerja di lamannya.

Mengutip Telegraph, Rabu (30/8/2017), lowongan yang dimaksud adalah untuk posisi technical engineer yang bertugas mengembangkan komponen infrastruktur.

Sayangnya, seorang jurnalis ZDNet Zack Whittaker yang tak sengaja menemukan lowongan kerja tersembunyi itu malah memberi pengumuman lewat akun Twitter-nya.

“Percayalah, butuh sedikit kemahiran untuk menemukan lowongan yang kini sudah dihapus dari laman Apple,” kata Whittaker.

Dia juga mengatakan, Apple tak menawarinya pekerjaan yang dimaksud.

Ini bukan pertama kalinya perusahaan teknologi mengunggah lowongan kerja dengan cara yang unik sekaligus inovatif. Sebelumnya ada juga perusahaan yang memakai puzzle berantakan untuk menginformasikan ada lowongan kerja.

Perusahaan keamanan Inggris GCHQ misalnya, menggunakan kuis online untuk merekrut pegawai.

Google juga menyembunyikan lowongan kerjanya dalam website mereka. Seorang engineer yang mencari pada situs Google pada 2015 menemukan sebuah pesan unik.

Setelah engineer bernama Max Rosett itu menyelesaikan enam tantangan yang ada pada pesan itu, Google meminta CV dan informasi kontaknya. Tiga bulan kemudian, Rosett mulai bekerja di Google (lptn|dwk)