Home / Berita

Senin, 18 Januari 2021 - 20:47 WIB

Diakhir Jabatan, Bupati Halsel Kalah “Lawan” Sejumlah Kades

1720 Views
Terakhir Dibaca:1 Menit, 23 Detik

HALSEL – KOMPAS NASIONAL | Pencopotan sejumlah Kepala Desa di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) oleh Bupati Bahrain Kasuba Menimbulakan polemik di kalangan masyarakat.

Ibarat pribahasa “Kalah jadi abu menang jadi karang” Tak selamanya orang kuat bisa menang sebab yang lemah juga bisa menang. Bahasa Petuah ini menggambarkan suasana pemerintahan di Halsel.

Pasalnya di akhir massa jabatanya, Bupati Halsel, Bahrain Kasuba telah mencopot sejumlah Kepala Desa, Lewat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

Namun, Pencopotan Lima kepala Desa yakni Bisui, Rabutdaio, Lata-Lata, Tagono dan Sawadai, mendapat kecaman dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Baca Juga  Indeks FTSE-100 bursa London hanya naik 29 poin

“Pemecatan lima Kepala Desa itu, kami langsung dipanggil DPRD lintas komisi, dan dalam pertemuan kami diminta untuk menghendaki tidak ada lagi pemberhentian kepala Desa,” Ungkap Bustamin kepada Kompasnasional.com, Jum’at (15/01/20) lalu.

Sementara dalam pertemuan itu, kata Bustamin, bahwa DPRD mengecam keras atas pemberhentian sepehak tampa mengikuti regulasi.

Untuk itu, Lanjut Bustamin, bahwa Pemberhentian kepala desa harus sesuai dengan Permendagri 82 tahun 2015, yang mengatur bahwa kepala Desa bisa di berhentikan dalam hal kasus pidana minimal putusan pengadilan di atas 5 tahun.

“Dari hasil hering dengan DPRD, Saya lapor ke Bupati, akhirnya tiga kepala Desa sudah di kembalikan,” Tandasnya

Baca Juga  China Larang Siswa Muslim Ikut Pengajian Selama Libur Sekolah

Selain itu, kata Bustamin, dari pemberhentian sementara Lima Kepala Desa, sebelunya Pemerintah Daerah melalui surat keputusan Bupati telah memberhentikan Dua kepala Desa.

“Bahkan sebelumnya, Pemerintah Daerah telah memberhentikan dua Kepala Desa yakni Sekli dan Tawa, Jadi Keseluruhan tujuh Kepala Desa yang diberhentikan,’ Ucap Bustamin

Namun saat melakukan pertemuan dengan DPRD, maka sejumalah Kepala Desa yang telah di berikan SK Pencopotan diminta untuk dikembalikan.

“Sudah 3 Kepala Desa yang di kembalikan, yakni Sekli, Tawa, dan Rabuddayo, sisanya itu dalam waktu dekat akan dikembalikan,” Tutup Bustamin

(FIK)

0 0
Happy
Happy
43 %
Sad
Sad
14 %
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
29 %
Surprise
Surprise
14 %

Share :

Baca Juga

Berita

Arus Sungai Meluap di Tanah Jawa Hantam Jembatan Hingga Nyaris Putus.

Asahan

Wali Kota H.M Syahrial Terima Pengurus PGRI Kota Tanjungbalai Yang Baru

Berita

Gubernur Kalbar Paparkan Pengendalian Karhutla

Berita

Partai Gerindra Kini Polisikan Ratna Sarumpaet

Asahan

Warga Kisaran Heboh, Penemuan Mayat Pria Didalam Warung Awalnya Diduga Meninggal Karena Covid-19

Berita

DJM 1 Kali Lagi Bali Beraksi

Berita

Mantan Teroris Minta Polisi Awasi Jual Beli Bahan Kimia di Surabaya

Berita

MPB Desak Pungli Diknas Paluta Diusut