Home / Ekonomi

Rabu, 20 Januari 2021 - 19:32 WIB

DPR Setujui 3 Nama Anggota Dewan Pengawas SWF Pilihan Jokowi

84 Views
Terakhir Dibaca:1 Menit, 18 Detik

KompasnasionalKetua DPR RI Puan Maharani menyetujui tiga nama Anggota Dewan Pengawas (Dewas) Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF) yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Puan menyebut pihaknya akan segera mengirim surat menindaklanjuti persetujuan tersebut.
Sebelumnya, nama calon anggota Dewas LPI, yaitu Darwin Cyril Noerhadi, Yozua Makes, dan Haryanto Sahari telah dikirimkan Jokowi untuk dikonsultasikan dengan DPR.

“Sesuai mekanisme, DPR akan berkirim surat kepada Presiden untuk dapat menerima usulan tiga nama calon anggota Dewas LPI,” ungkap Puan dikutip dari rilis, Rabu (20/1).

Baca Juga  Rusia Sebut Indonesia Akan Borong 18 Sukhoi Su-35 & Kapal Selam

“Dalam konsultasi tadi pimpinan DPR mendapat penjelasan dari Pansel tentang proses seleksi Dewas. Juga dikenalkan tiga nama yang diajukan Presiden untuk posisi Dewas LPI,” lanjutnya.

Sri Mulyani yang dalam hal ini menjabat Ketua Pansel menyatakan pihaknya telah melakukan seleksi calon anggota Dewas secara terbuka dan kredibel. Menurut Ani akrab sapaannya, dari enam nama hasil seleksi yang diajukan, Presiden telah memilih tiga nama yang dikonsultasikan ke DPR.

“Alhamdulillah Ibu Ketua dan pimpinan DPR merasa seluruh proses adalah proper dan kualifikasi dari calonnya, tiga yang independen sesuai kriteria untuk menjadi Dewas LPI dari unsur profesional,” ungkap Bendahara Negara.

Baca Juga  Relokasi Warga Bantaran Kali Anyar Masih Terganjal

LPI merupakan lembaga yang dibentuk berdasarkan amanat UU Cipta Kerja. Tujuan pembentukan lembaga ini adalah untuk meningkatkan dan mengoptimalkan nilai aset negara secara jangka panjang untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Sesuai UU Cipta Kerja, Dewas LPI terdiri dari Menteri Keuangan sebagai Ketua dengan anggotanya adalah Menteri BUMN, serta tiga orang dari unsur profesional dan independen.

“Selanjutnya setelah Dewas terbentuk, kami akan membentuk Dewan Direktur dan akan melaksanakan sesuai dengan misi undang-undangnya,” tutup dia.
(CNNI/Red)

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Sinyal Reshuffle Menguat, Jokowi-JK Biarkan Airlangga Rangkap Jabatan?

Ekonomi

Gaji Karyawan Pabrik Roti Garden akan Sesuai UMK

Berita

SEGERA DI BANGUN, PARA PEDAGANG PASAR INDUK WIRADESA SECARA SIMBOLIS DI PINDAHKAN KE PASAR DARURAT.

Berita

Menkeu Sri Mulyani janjikan jaga APBN 2018 dari pemborosan dan korupsi

Ekonomi

Kalahkan Inggris, Indonesia Bakal Jadi Negara Ekonomi Terbesar ke-5 Dunia di 2024

Berita

5 Lukisan ‘Tak Jelas’ Ini Dijual Miliaran, Bahkan Hingga Triliunan Rupiah!

Berita

Konsul Jenderal AS Kunjungi Mapolrestabes Medan

Ekonomi

Warga Desa Bukit Meriah Minta Kasus Dana Desa TA 2015 Diusut