KompasNasional.com- Selama ini, Facebook Stories hanya dapat diunggah ketika pengguna mengenakan smartphone. Jika menggunakan komputer desktop, pengguna hanya dapat melihat Stories, tidak bisa mengunggah cerita melalui perangkatnya.

Namun beredar kabar bahwa Facebook akan menyediakan fitur upload Stories dari komputer  atau laptop. Dengan begitu, pengguna Facebook Stories dapat mengunggah video maupun foto tidak harus dari smartphone.

Kabar ini dibenarkan oleh Facebook. Menurut perwakilan perusahaan media sosial itu, tim pengembangan Facebook tengah menguji fitur Stories versi desktop sekaligus membuat sejumlah peningkatan.

“Kami menguji opsi untuk membuat dan berbagi cerita dari Facebook di desktop. Selain itu, kami juga menguji memindahkan jendela cerita dari pojok kanan atas ke atas News Feed layaknya versi pada ponsel,” ujar perwakilan Facebook seperti dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (24/1/2018).

Dibandingkan Instagram atau WhatsApp, Facebook Stories memang kurang populer di kalangan pengguna. Sebab selama ini pengguna Facebook lebih sering membuka linimasa pertemanan mereka. Selain itu, pengguna lebih banyak mengakses Stories di Instagram ketimbang Facebook.

Oleh karena itu, Facebook memikirkan banyak cara agar fitur Stories miliknya banyak digunakan oleh pemiliknya. Salah satunya adalah dengan menyematkan fitur unggah Stories melalui desktop sebagai nilai tambah yang tidak dimiliki oleh WhatsApp dan Instagram.

Belum diketahui secara pasti kapan fitur ini bakal dirilis secara resmi. Sebab Facebook menyatakan fitur ini masih dalam tahap percobaan.

Fitur stories semacam ini pertama kalinya dikenalkan oleh SnapChat. Beberapa tahun kemudian, fitur ini jadi kian populer pada sejumlah aplikasi. Mulai dari Instagram, Facebook, hingga WhatsApp mengikuti jejak SnapChat membagikan cerita harian.

Dikemas lebih menarik, fitur stories memungkinkan penggunanya menambahkan pernak pernik lain seperti halnya stiker, tag lokasi, atau tulisan.Karena itulah fitur tersebut banyak digemari. Ditambah lagi, jumlah pengguna ketiga aplikasi ini tergolong banyak membuat stories makin populer.

Jika fitur stories untuk desktop betul-betul sukses dirilis, bukan tidak mungkin sejumlah fitur lain sepeti Facebook Live versi desktop bakal menyusul. Kita tunggu saja.

[KC/TR]