KompasNasional.com, Jakarta – Jeep berencana memproduksi model subcompact SUV terbaru. Jeep ini menurut rencana akan diproduksi di fasilitas Pomigliano FCA di dekat kota Naples, Italia.

Mobil tersebut kabarnya akan dipasarkan di seluruh dunia termasuk Eropa, namun kemungkinan besar tidak akan dipasarkan di Amerika karena rendahnya permintaan subcompact SUV di negeri Paman Sam itu.

Mobil baru tersebut merupakan adik dari Jeep Renegade yang merupakan Jeep terkecil sejauh ini. Meskipun mobil terbaru mereka akan dibuat lebih kecil dari Renegade, Jeep mengaku akan mempertahankan DNA off-road yang selama ini menjadi ciri khas produk mereka.

Jeep sebenarnya telah mempertimbangkan untuk membuat subcompact SUV sejak awal 2017, tapi realisasi rencana mereka selalu terhambat oleh beberapa hal. Sebelumnya, Bos Jeep, Mike Manley, mengatakan pihaknya sudah sangat dekat dalam memproduksi sumbcompact SUV, pernyataan tersebut diungkapkan dalam gelaran Detroit Motor Show 2018.

Suzuki Jimny segera diluncurkan di Indonesia. Mobil berpenggerak 4×4 ini rencananya dijual dengan harga di bawah Rp 300 juta. Jakarta, 4 Juli 2017. TEMPO/Wawan Priyanto.

Belum ada bocoran dari pihak Jeep mengenai bentuk ataupun nama dari mobil mereka tersebut, namun sejumlah media meyakini bahwa model tersebut didasarkan pada platform Mini FCA. Platform tersebut sama dengan Fiat Panda dan Lancia Ypilson. Jeep ini kira-kira seukuran Suzuki Jimny, atau sedikit lebih besar seperti Toyota Rav4.

Menariknya, Fiat Panda yang saat ini juga diproduksi di Pomigliano akan berpindah ke Polandia tahun 2020, hal tersebut akan membuka peluang Jeep untuk menguasai pasar subcompact SUV di Italia.

Jeep diperkirakan akan mengambil keputusan akhir mengenai SUV subkompak ini pada Juni 2018, bertepatan dengan presentasi perencanaan lima tahun mereka.(Tempo/TR)