Home / Berita / Ekonomi / Nasional / Reviews

Selasa, 13 Februari 2018 - 15:54 WIB

Jokowi Minta Perizinan di Industri Keuangan Disederhanakan

Presiden Jokowi Menerima Kunjungan Ratu Maxima dari Belanda

Presiden Jokowi Menerima Kunjungan Ratu Maxima dari Belanda

202 Views
Terakhir Dibaca:1 Menit, 24 Detik

KompasNasional.com, Jakarta –  Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta sistem dan perizinan di industri keuangan Indonesia bisa disederhanakan, khususnya yang terkait dengan upaya memperluas keuangan inklusif.

Hal ini disampaikan Jokowi usai menemui utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Secretary General’s Special Advocate/UNSGA) untuk inklusi keuangan Ratu Maxima.

“Tadi saya sudah diskusi panjang dengan beliau, kami harapkan dua hal tadi segera cepat kita selesaikan,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 13 Januari 2018.

Dalam pengembangan keuangan inklusif, kata Jokowi, memang yang paling penting adalah penyederhanaan sistem dan izin. “Dua hal ini kalau kita bisa selesaikan akan mempercepat inklusi keuangan kita. Kalau belum bisa, ya majunya tidak akan sepesat yang kita inginkan,” tuturnya.

Baca Juga  Densus 88 Anti Teror Kalbar Meringkus 3 Orang Terduga Teroris.

Ratu Maxima sempat memuji perkembangan inklusi keuangan di Indonesia. Menurut dia, dibandingkan kunjungan terakhirnya ke Indonesia 18 bulan lalu, pemerintah saat ini telah banyak membuat kebijakan di keuangan inklusif. “Saya senang untuk mengatakan Indonesia telah membuat banyak kemajuan dalam isu ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Ratu Maxima mengapresiasi langkah  pemerintah Indonesia terkait keuangan inklusif. Menurut dia, dibandingkan kunjungan terakhirnya ke Indonesia 18 bulan lalu, pemerintah saat ini telah banyak membuat kebijakan di keuangan inklusif. “Saya senang untuk mengatakan Indonesia telah membuat banyak kemajuan dalam isu ini,” ucapnya.

Baca Juga  Tim Gabungan Prokes Tapsel Laksanakan Operasi Yustisi Sesuai Perbup No 49 Tahun 2020

Namun Ratu Maxima mengingatkan Indonesia masih banyak memiliki pekerjaan rumah terkait keuangan inklusif. Ia menjelaskan masih banyak masyarakat di pedesaan yang belum bisa mengakses bank dan layanan finansial lainnya. “Khususnya mereka yang bergerak di sektor pertanian,” tuturnya.

Kepada Presiden Jokowi, Ratu Maxima menuturkan PBB akan membantu meningkatkan keuangan inklusif di Indonesia. “Saya menantikan untuk melanjutkan kerja sama dengan pemerintah dan juga pihak swasta. Tidak hanya bank milik negara, tapi juga bank-bank lainnya,” ucapnya. (Tempo/TR)

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Beredar Kabar Kabid Bina Marga Membeli Sebuah Pulau. Kades Pulau Gadang Bantah Tidak Ada Jual-Beli Pulau

Berita

Fahri Hamzah desak pengesahan Provinsi Pulau Sumbawa

Berita

‍‍‍‍‍‍‍‍‍‍Bantuan Hibah Rp2,6 M dalam ‍LPJ KONI Simalungun Dipertanyakan

Berita

Djarot Kaget Pendemo Ahok Justru Acungkan Salam 2 Jari

Berita

Sebanyak 620 KK Warga Kota Pontianak Yang Tak Mampu Dapat Bantuan Telur

Berita

Sosialisasi Rajia Masker di Agara, Bersama TNi, Polri Satpol pp

Berita

Bahas Kerja Sama, Pangdam XII/Tpr Audiensi Dengan Badan Wakaf Al-quran*

Berita

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Babinsa Kodim 1203/Ktp Bantu Petani Tanam Jagung.