Home / Nasional

Minggu, 16 Januari 2022 - 23:20 WIB

Kanwil Kemenag Malut Mantapkan SISKAP ASN

Viewer: 410
0 0
Terakhir Dibaca:2 Menit, 32 Detik
Kabag TU Kanwil Kemeneg Maluku Utara Amar Manaf (Foto Istimew)

Sofifi, Maluku Utara – Sebagai tindak lanjut dari penerapan sistem penilaian kinerja berbasis aplikasi yang dikenal dengan Sistem Informasi Kinerja Pegawai (SISKAP) maka Kantor Wilayah Kementrian Agama Maluku Utara terus melakukan updating sistem untuk memastikan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag.

Kabag TU Kanwil Kemeneg Maluku Utara Amar Manaf mengatakan, Updating system tahap ini sekaligus disinkronisasikan dengan kehadiran pegawai yang direkam secara elektronik untuk keperluan pembayaran tunjangan kinerja di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara, sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Pemberian Tunjangan Kinerja Pegawai Kementerian Agama.

“Sistem Informasi Kinerja Pegawai (SISKAP) sendiri disosialisasikan dan resmi dilaksanakan sejak 2021 awal. Meskipun sangat baru dalam upaya pengelolan kinerja ASN dilingkungan Kemenag Provinsi Maluku Utara, SISKAP ternyata mendapat perhatian dan dukungan dari seluruh pejabat dan ASN jabatan pelaksana, terbukti 100% ASN Kanwil Kemenag Maluku Utara telah menggunakan sistim ini untuk melaporkan kinerja masing-masing, dan nilai capaian kinerja rata-rata di atas 80% dalam kurun waktu 1 (satu) tahun berjalan,” tutur Amar Manaf, pada Rapat Kordinasi Kinerja ASN Kanwil Kemenag Malut.

Baca Juga  Jokowi Ingin Motor Kustom Buatan Anak Indonesia Diekspor
Suasana Rapat Kordinasi Kinerja ASN Kanwil Kemenag Malut

Menurut Amar Manaf, sebagai bagian dari penggagas sistim penilaian kinerja berbasis aplikasi, bahwa sejak 1 (satu) tahun ini SISKAP terus di evaluasi dan disempurnakan mulai dari penyesuaian beban kerja, uraian tugas jabatan ASN yang akan diukur sampai pada pengembangan fitur-fitur di dalamnya. penyesuaian dan penyempurnaan dilakukan karena beberapa alasan, yakni terkait dengan perubahan kebijakan/regulasi serta adanya mutasi pegawai.

Bahkan saat ini pihaknya sedang mengkaji dan menyempurnakan aspek pengukuran/penilaian sehingga capaian kinerja Individu ASN juga lebih tepat terpampang pada sistem.

Selain itu, lanjut Amar Manaf, pihaknya juga telah melakukan sinkronisasi rekam kehadiran pegawai ke dalam sistim informasi kinerja di tahun ini (2022) dan akan diintegrasikan dengan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) masing-masing pegawai sehingga target kerja dan capaian kinerja lebih mudah dan terukur melalui sistem dan menentukan perolehan tunjangan kinerja yang diterima pegawai.

Dikesempatan yang sama, Kepala Sub Bagian Ortala dan KUB Kanwil Kemenag Malut, Safri Kamaria menjelaskan bahwa salah satu instrumen pelaksanaan merit system yakni melalui e-Kinerja atau SISKAP ini, dimana pegawai yang berkinerja baik akan mendapatkan apresiasi dan sebaliknya pegawai dengan kinerja buruk memperoleh punishment sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca Juga  Sudirman Said: Impor Beras Bukan Solusi
Kasubag Ortala dan KUB, Safri Kamaria

Oleh karenanya, Lanjut Safri yang juga sebagai Tim Pengelola Sistim Informasi Kinerja Pegawai Kanwil Kemenag Malut, bahwa sistem tersebut masih sangat baru maka pelaksanaan dan evaluasi sistim itu juga dilakukan secara bertahap yang di memulai dengan pembangunan budaya kerja dan perilaku kerja ASN.

Bahkan, kata Safri, ASN tidak saja memenuhi kehadiran sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, tetapi ASN juga harus benar-benar bekerja berdasarkan beban kerja masing-masing yang telah ditetapkan dalam uraian tugas jabatan.

“Jadi sistem kinerja berbasis aplikasi ini akan mengakumulasi antara target kerja dan capaian kinerja setiap bulannya, dan itu merupakan bentuk ideal sebagai indikator kinerja yang tidak hanya memperlihatkan hasil kinerja dari sisi kuantitas kerja tetapi juga dari aspek kualitas kerja,” pungkas mantan Komisioner KPU Halsel itu. (FIK)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

THR Untuk PNS, DPRD dan Honorer Solo Cair Pekan Depan

Berita

Ratusan Lembar Surat Suara Pilgub Rusak

Berita

Fakta Penerimaan CPNS 2018, Perhatikan Nomor 1 dan 4

Berita

Reaksi Anies Baswedan Dengar Curhat Bang Yos yang Kewalahan Mengatur Becak

Ekonomi

Rupiah Melemah ke Rp 13.214 per USD

Nasional

Panglima TNI: Ada Permasalahan Bangsa yang Harus Dituntaskan TNI dan Polri

Berita

Pemerintah Kota Pematangsiantar dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 dianggap kurang tanggap menangani Covid 19

Berita

Kapolri dan Kapoldasu Bekerja Harus Lebih Berhati-hati , Abednego SH:Penerapan Pasal Pencemaran Nama Baik Resahkan Wartawan