Home / Nasional

Selasa, 12 Januari 2021 - 16:51 WIB

Komjen Listyo, Jenderal Termuda Calon Kapolri Pilihan Jokowi

36 Views
Terakhir Dibaca:1 Menit, 41 Detik

Kompasnasional l Presiden Jokowi dikabarkan memilih Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Idham akan memasuki masa pensiun akhir Januari 2021 ini.

Hal ini diungkapkan anggota Komisi III DPR RI, Jazilul Fawaid. Dia mengatakan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo jadi calon tunggal yang diajukan Presiden Jokowi ke DPR. “Insya Allah satu nama. Pak Listyo Sigit Prabowo calon kuat dan pantas,” ujar Jazilul saat dihubungi di Jakarta, Senin 11 Januari 2021.

Meski sudah membocorkan nama, dia mengakui DPR belum menerima surat dari Presiden terkait fit and proper test calon kapolri baru.

Komjen Listyo Sigit kini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. Nama Listyo tak asing lagi untuk Jokowi, bisa dibilang dia adalah orang terdekat Jokowi karena pernah menjadi Kapolres di kampung halaman Jokowi yakni Solo.

Baca Juga  Incar Rp 3 T, WIKA Gedung siap melantai di bursa November 2017

Karier Listyo Sigt sangat moncer. Tak butuh waktu lama, dia menyabet bintang tiga di pundaknya dengan usia 51 tahun dan melangkahi angkatan seniornya yang masih bintang dua.
Kariernya meroket, dua tahun jadi ajudan Jokowi, Listyo mendapat jabatan baru yakni jadi Kapolda Banten tahun 2016. Dua tahun kemudian jadi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri tahun 2018, dan jabatannya kini Kepala Badan Reserse Kriminal Polri dari tahun 2019 hingga kini sampai dipilih menjadi calon Kapolri.

Pria kelahiran Ambon Maluku 5 Mei 1969 dan beragama Katolik ini bersinar saat muncul dalam pengumuman penetapan status tersangka Habib Rizieq Shihab di Polda Metro pada Desember 2020 kemarin.

Baca Juga  Terlibat Narkoba Diusir dari Desa, Resmi Berlaku Mulai 1 Januari 2020

Dia juga yang menangkap buronan terpidana kasus hak tagih (cassie) Bank Bali, Djoko Tjandra pada 30 Juli 2020. Bahkan, dalam hal ini, Komjen Listyo memimpin langsung tim ke Malaysia guna menangkap Djoko Tjandra

Namun, Listyo diterpa isu oleh anak buahnya sendiri, Irjen Napoleon Bonaparte, mantan Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri, selaku terdakwa kasus korupsi pengurusan penghapusan red notice Djoko S Tjandra.

Faktanya saya tak pernah ragu usut tuntas kasus Djoko Tjandra. Siapa pun yang terlibat, kami usut tanpa pandang bulu. Kalau kami terlibat kan logikanya sederhana, tak mungkin kami usut sampai ke akar-akarnya,” kata Listyo.
(VCI/Red)

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Pemkab Asahan Gelar Lomba Cipta Menu, Sosialisasikan Program B2SA

Nasional

MUI Keluarkan Taklimat Soal Bentrok Polisi FPI

Berita

Anies Pajang Becak Listrik dari Putra Amien Rais di Balai Kota

Ekonomi

Ada Wacana Pembatasan Produksi, Harga Minyak Dunia Naik

Berita

Taruna STIP Tewas, Ini Alasan Amir Ingin Bekerja di Laut

Berita

Pro Kontra Penenggelaman Kapal di Tataran Elite Pemerintahan

Berita

600 Napi Kasus Terorisme Bebas, Pemda Harus Perhatian

Kriminal

Saksi: Anggota Brimob Ditusuk di Bagian Leher