Home / Nasional

Senin, 11 Januari 2021 - 13:25 WIB

Megawati Tegaskan Visi-Misi Indonesia Hanya Satu

41 Views
Terakhir Dibaca:1 Menit, 24 Detik

Kompasnasional l Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, menegaskan visi dan misi Indonesia haruslah hanya ada satu. Seperti yang berada dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Semoga menjadi perenungan bersama, sesungguhnya visi dan misi NKRI hanya ada satu, yang terpatri dalam pembukaan UUD 1945,” ujar Megawati dalam perayaan HUT ke-48 PDIP yang digelar secara daring, Ahad (10/1).

Menurutnya selama pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, banyak calon kepala daerah yang memiliki visi dan misinya sendiri, yang terkadang berbeda-beda. Namun setelah pelaksanaannya, Indonesia haruslah memiliki satu tujuan yang sama hingga 2024 nanti.

Baca Juga  KPK Panggil Pejabat PLN Terkait Kasus Suap PLTU Riau

Pasalnya, momen elektoral selanjutnya akan dilakukan pada tiga tahun mendatang. Apalagi saat ini, katanya, teknis penyelengaraannya nanti masih dibahas oleh DPR dan pemerintah.

“Kita renungkan bersama, saat pemilihan umum serentak dilakukan dengan pemilihan kepala daerah, saat itu juga setiap calon akan menyampaikan visi dan misinya. Bayangkan ada berapa visi misi yang akan disuarakan di 2024,” ujar Megawati.

Menurutnya, perbedaan visi dan misi itu tak perlu terjadi antara para pemimpin bangsa. Sebab, Indonesia saat ini memiliki Pancasila yang dapat menuntun bangsa ini ke arah yang lebih baik ke depannya.

“Pancasila adalah jalan kebudayaan dan sekaligus kepribadian bangsa Indonesia. Kondisi sulit bukan menjadi alasan untuk kehilangan kepribadian bangsa yang dikenal dengan semboyan sepi ing pamrih, rame ing gawe,” ujar Presiden ke-5 Republik Indonesia itu.

Baca Juga  BMKG nyatakan dalam Sepekan Terakhir Angin Monsun Australia Bergerak ke Aceh

Cita-cita bangsa, kata Megawati, tak boleh terhalang oleh keinginan individual tertentu saja. Karena hal itu dapat mengikis semangat demokrasi dan gorong royong yang ada dalam Pancasila.

“Ini adalah momentum yang tepat bagi kita semua untuk ada dalam satu semangat, semangat gotong royong Pancasila. Tunjukkan dan hidupkan toleransi dan solidaritas di jiwa segenap bangsa,” ujar Megawati.(R/Red)

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Nasional

Menkes Sebut 1,2 Juta Vaksin Covid-19 yang Baru Tiba untuk Tenaga Kesehatan

Berita

Pasien Gizi Buruk Asmat Cenderung Kembali ke Pola Hidup Lama

Berita

BMKG Hibahkan 9 Unit Sirene Tsunami pada Pemprov Bali

Berita

Jenderal Moeldoko dan Idrus Marham Masuk Kabinet Jokowi, Berikut Dua Menteri yang Lengser

Berita

Anies Pajang Becak Listrik dari Putra Amien Rais di Balai Kota

Berita

Kronologi Pelemparan Bom Molotov di Rumah Politikus PKS Mardani

Nasional

1 Warga Tewas, Belasan Anggota Angkatan Laut Terluka

Berita

Data Sementara ACT: Korban Meninggal Tsunami Palu 118 Jiwa