Home / Nasional

Selasa, 12 Januari 2021 - 19:55 WIB

MUI Ajak Umat Islam Ikuti Vaksinasi Covid-19

27 Views
Terakhir Dibaca:1 Menit, 17 Detik

Kompasnasional l Majelis Ulama Indonesia mendukung rencana pemerintah melakukan vaksinasi Covid-19 mulai Rabu, 13 Januari 2021, dengan merujuk pada Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2021 tentang vaksin Covid-19 produksi Sinovac dan Fatwa Nomor 4 Tahun 2016 tentang Imunisasi.

“MUI mendukung program vaksinasi Covid-19 yang menggunakan vaksin halal (dalam tahap ini vaksin Covid-19 produksi Sinovac Life Science), sebagai salah satu ikhtiar untuk mewujudkan kekebalan tubuh dan mencegah semaksimal mungkin terjadinya penularan wabah Covid-19 di tengah masyarakat,” kata Ketua Umum MUI, KH. Miftachul Akhyar.

MUI mengapresiasi upaya pemerintah menyediakan vaksin yang halal dan thayyib, sebagai upaya perlindungan menyeluruh bagi umat dan masyarakat, baik pada aspek keselamatan jiwa maupun aspek keyakinan keagamaan.

Baca Juga  SBSI 92 Sumut Darmawan Yusuf Berterima kasih kepada Polda Sumut Salurkan 5.000 Paket Sembako untuk 31 Elemen Buruh

Atas dasar itu MUI mendorong seluruh elemen masyarakat, khususnya umat Islam untuk mengikuti program vaksinasi, dengan menggunakan vaksin yang halal dan thayyib sebagai upaya melindungi diri dari penularan wabah.

“MUI juga meminta Pemerintah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai manfaat dan pentingnya vaksinasi dalam rangka memutus mata rantai peredaran Covid 19. Sosialisasi dan edukasi perlu dilakukan secara persuasif, melibatkan seluruh elemen dari berbagai latar belakang, termasuk elemen tokoh keagamaan sehingga ada kesadaran yang utuh mengenai pentingnya vaksinasi.

Baca Juga  Bupati Purbalingga Kena OTT KPK

Di samping vaksinasi, MUI menghimbau masyarakat, khususnya umat Islam tetap melakukan ikhtiar menjalankan protokol kesehatan seperti mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, memakai masker. Selain itu juga penting untuk menjalankan ikhtiar bathiniah dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan, menjauhi maksiat, memperbanyak shadaqah, membaca doa daf’ul bala’, qunut nazilah, dan berdoa kepada Allah SWT agar wabah Covid-19 segera diangkat oleh Allah.
(MTJ/Red)

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Peringatan Hari Pangan Sedunia Ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara

Kriminal

Polisi Buru 2 Pemotor Diduga Pelempar Bom ke Rumah Politikus Golkar

Ekonomi

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Naik Rp 1.000 Jadi Rp 601.000 Per Gram

Nasional

Puluhan Mahasiswa Asing Pelajari Budaya Solo

Berita

Tak Ditangkap, Habib Rizieq Diperiksa Polisi Saudi Soal Bendera Tauhid

Nasional

Survei Internal Gerindra: Anies Tempel Ketat Ahok, Agus Cuma 9 %

Nasional

Ini Komentar Basuki Soal Kaos 3 Tuta Tanpa Ahok Yang Laris Dijual

Berita

Lakukan Aksi Damai, Massa AMPS Serukan Kota Siantar Tetap Aman dan Kondusif