Home / Politik

Minggu, 20 Juni 2021 - 19:44 WIB

Relawan Pendukung Ganjar Capres 2024 Deklarasi di Yogyakarta

55 Views
Terakhir Dibaca:2 Menit, 24 Detik

Kompasnasional l Kelompok masyarakat yang mengatasnamakan diri Sahabat Ganjar mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada 2024.

“Kami Sahabat Ganjar dari bermacam-macam lapisan masyarakat dengan ini mendeklarasikan, mendukung dan mengawal Ganjar Pranowo untuk maju dalam pemilihan presiden Indonesia 2024-2029,” demikian Ketua Sahabat Ganjar, Leni Handayani dalam deklarasi di Yogyakarta yang disiarkan melalui zoom, Minggu (20/6).

Leni mengklaim Ganjar sosok yang tepat meneruskan tongkat estafet kepemimpinan setelah Presiden Joko Widodo. Ia mengaku telah melakukan survei untuk mencari pemimpin yang tepat untuk didukung pada 2024.

Survei dilakukan pada akhir Mei di 5 kota besar yakni Jakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan, dan Bali. Sebanyak 2 ribu responden dengan rentang umur 18-40 tahun mengikuti survei tersebut, dengan margin of eror sebesar 2,7 persen.

“Hasil survei ternyata 63 persen memilih Ganjar Pranowo sebagai presiden masa depan. Kemudian 24 persen memilih Ridwan Kamil dan sisanya 13 persen memilih Sandiaga Uno,” ujarnya.

Leni mengatakan Sahabat Ganjar bakal memperluas dukungan kepada Ganjar Pranowo dengan cara menyosialisasikan kinerja dan kegiatan sang gubernur baik melalui media sosial maupun secara langsung ke lapangan.

Baca Juga  Filosofi Kopi Moeldoko, Sentil Isu Kudeta Demokrat?

Menurutnya, Sahabat Ganjar juga membuka pendaftaran untuk masyarakat yang ingin bergabung baik lewat media sosial maupun mendirikan posko di 34 provinsi di Indonesia.

Lebih lanjut, Leni menyebut pihaknya juga akan memberi pelatihan kepada relawan di 34 provinsi. Ia juga akan rutin mengadakan kegiatan sosial untuk merangkul calon pemilih dari berbagai kalangan.

Terakhir, kata Leni, pihaknya akan membentuk tim cyber untuk persiapan ‘perang udara’ di media sosial dalam mengampanyekan Ganjar dan melakukan konsolidasi semua relawan di seluruh di 34 provinsi.

Sebelumnya, Kelompok yang menamakan Teman Ganjar mendeklarasikan dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi calon presiden di Pilpres 2024. Acara deklarasi digelar di kawasan Kuningan, Jakarta Rabu (9/6).

Mereka mengenakan kaos berwarna hitam dengan logo TG atau Teman Ganjar yang dilengkapi dengan wajah politikus PDIP tersebut. Rinto mengklaim saat ini sudah ada 1.500 relawan Teman Ganjar yang tersebar di seluruh Indonesia saat dideklarasikan.

Baca Juga  PA 212 Tuntut Turunkan Jokowi Saat Demo Protes RUU HIP, Begini Kata Partai Koalisi

Ia membantah relawan Teman Ganjar dibentuk karena pesanan dan memiliki afiliasi dengan pengusaha atau kelompok tertentu. Ia mengklaim relawan dibentuk atas kesukarelaan para pendukung Ganjar Pranowo.

“Kami bukan pesanan, kami tak ingin tergantung pada tokoh atau pengusaha tertentu, kalau ada donatur untuk perkumpulan ini, datang ke kita, dan kita tanyakan dulu ‘apa mau mu?’. Kalau ada embel-embelnya saya tak sepakat,” kata Rinto.

Nama Ganjar kerap menempati posisi tiga besar dalam survei yang dilakukan sejumlah lembaga. Seperti dalam survei yang digelar Parameter Politik Indonesia terkait Capres 2024.

Dalam survei itu, Ganjar berada di posisi kedua dengan elektabilitas 16,5 persen. Angka itu meningkat sekitar 2,9 persen dari hasil survei sebelumnya, yakni 13,9 persen.

Meskipun memiliki elektabilitas tinggi, PDIP tak merestui Ganjar maju sebagai calon presiden 2024. Sejumlah pengurus pusat partai berlambang banteng moncong putih itu lebih mendukung Puan Maharani untuk maju di Pilpres 2024. (CNNI/Red)

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Politik

Demi Pemilu 2024, PDI Ganti Nama Jadi PDRI, Tetap Pakai Logo Kepala Banteng

Politik

PKS Takkan Biarkan Gibran-Teguh Menang Mudah di Solo, Pertimbangkan Usung Achmad Purnomo

Politik

Fraksi PDIP Sebut Anies Ingkar Janji Izinkan Reklamasi di Ancol

Politik

Politikus PSI: Bagi KAMI, Prabowo Hanya Alat

Politik

Karir Politik Gus Ipul: Menteri, Wakil Gubernur, Wali Kota

Politik

Politikus PDIP: Kritikus Nyinyir Justru Tingkatkan Pencitraan Risma

Politik

DPR Saat Rapat: Mohon Maaf Pak Menteri, Jangan Dipakai Dulu Itu Kalung Anti Corona, Nanti Warga Ikutan

Berita

Kelak Memimpin Siantar Ir Asner Silalahi Akan Tanggapi Harapan Masyarakat