Home / Berita / Daerah / Headline News / Internasional / Medan / Nasional / Reviews

Rabu, 8 April 2020 - 12:42 WIB

SBSI 1992 Mengusulkan Selain Mendapat Mendapat bantuan Kartu Prakerja Dari Pemerintah Juga Mendesak Pemerintah Supaya Melonggarkan Pencairan Dana JHT

44 Views
Terakhir Dibaca:1 Menit, 42 Detik

Pengangguran dan Korban PHK di Medan Dapat Rp 3,5 Juta Lewat Kartu Pra Kerja

Kompasnasional.com, MEDAN | Pandemi virus corona yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia, membuat banyak perusahaan memilih untuk merumahkan karyawannya. Hal ini terkait dengan pertumbuhan ekonomi yang melambat.

Pemerintah pun menggulirkan berbagai program bantuan kepada karyawan yang terdampak ekonomi akibat wabah virus corona, salah satunya melalui Kartu Pra Kerja.

“Kepada seluruh pencari kerja dan pekerja yang di PHK dan dirumahkan di Kota Medan, agar mendaftar diri menjadi calon penerima dengan bantuan sebesar Rp 3.550.000,” kata Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, seperti dikutip dari akun Facebook resmi Pemko Medan, Selasa (7/4).

Akhyar menjelaskan, bantuan ini akan diberikan kepada penerima manfaat lewat program Kartu Pra Kerja, yang dikeluarkan oleh Pemerintah pusat lewat Kementerian Tenaga Kerja.

“Penerima kartu pra kerja akan memperoleh bantuan sebesar Rp 3,5 juta dengan rincian, Rp 1.000.000 untuk pelatihan online, Rp 600.000/bulan selama 4 bulan, dan Rp 150.000 sebanyak 3 kali survei,” terangnya.

Akhyar menjelaskan, pendaftaran dapat disampaikan melalui WhatsApp 082368446577 atau 085297197600.

“Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website https://prakerja.kemnaker.go.id, atau menghubungi Dinas ketenagakerjaan Kota Medan,” pungkasnya.

Baca Juga  Perjalanan Robby Pelaku Curanmor Berakhir di Prodeo

Sementara Itu, Ketua Bidang DPP Serikat Buruh Sejahtera Indonesia SBSI 1992 Pusat Darmawan Yusuf, SH SE MPd MH CTLA ketika dihubungi kru media mengusulkan agar pemerintah melonggarkan ketentuan pencairan dana jaminan hari tua (JHT) khusus untuk korban PHK selama wabah corona. Dia mengusulkan agar ketentuan pencairan JHT yang hanya diperbolehkan untuk anggota dengan kepesertaan minimal 10 tahun dilonggarkan.”Usul Darmawan.

Baca Juga  Menteri ESDM Resmikan Gedung Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba di Open Stage Parapat


Darmawan seorang aktivis yang juga ketua DPC SBSI 92 kota Medan dan juga menduduki jabatan sebagai Dewan Pengupahan Disnaker Provinsi Sumatera Utara juga mengusulkan, pekerja yang kena PHK ini diperbolehkan mencairkan JHT-nya, meskipun mereka belum 10 tahun ikut serta. Sebab bagaimanapun juga kondisi saat ini terbilang luar biasa. Lagi pula JHT juga merupakan uang dari si pekerja sendiri,”usulnya.(Agus).


0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Total 3 Pasien Positif Corona di RS Persahabatan Bisa Pulang
Petugas mengevakuasi jenazah Hendri Goh dari lokasi temuan. Insert: Hendri Goh semasa hidup(ist).

Headline News

Pembunuh Hendri Goh Diringkus, Pelaku Disebut Kenalan Dekat

Berita

Aktor Rizal Djibran Ditangkap Polisi karena Kepemilikan Sabu

Berita

KPU Sumut Mulai Distribusikan Surat Suara ke Kabupaten/Kota

Berita

Massa buruh SBSI 92 ikut merayakan May Day dan memadati Lapangan Merdeka Medan

Kriminal

Perayaan Ulang Tahun Jessica di Sel Tahanan Mengharukan

Berita

Kecuali Premium, Harga BBM Turun Mulai Malam Nanti

Berita

Hakim Terpaksa Ketuk Palu saat Fredrich Tak Mau Berhenti Bicara