Home / Berita / Daerah / Nasional

Senin, 26 Oktober 2020 - 20:36 WIB

Siswa SMKN 3 Pematangsiantar Dapat Bantuan Sertifikasi Internasional TOEIC

542 Views
Terakhir Dibaca:1 Menit, 48 Detik

Kompas Nasional l Siantar

Sebanyak 18 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri ((SMKN) 3 Pematangsiantar mengikuti Bantuan Sertifikasi Internasional.

Kemampuan Bahasa Inggris bagi siswa tingkat SMKN berlangsung di gedung SMKN 3 Pematangsiantar, Sumatera Utara baru-baru ini.

Sebagai informasi, sebanyak 75 ribu siswa SMK terbaik di Indonesia pada tahun 2020 ditetapkan sebagai penerima bantuan Sertifikasi Test English for Internasional Communication (TOEIC) dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK). Dimana Program SMK English Challenge 2020, yaitu fasilitas Ujian Sertifikasi Internasional kemampuan bahasa inggris dengan TOEIC bagi siswa SMK.

“Salah satunya yang mendapat bantuan itu adalah SMKN 3 Pematangsiantar,” kata Nurmaulita Spd.MSi,  Senin,(26/10/2020).

Lanjut Nurmaulita, pada tahun 2020 jumlah siswa yang mendaftar sebanyak 83 siswa dan yang mengikuti seleksi viera 56 siswa pada tanggal 26 Agustus 2020 lalu.

Baca Juga  Direktur PDAM Tirta Melawi Menjelaskan Penyesuaian Tentang Tarif Tahun 2021

Kemudian pelaksanaan ujian TOEIC ada dua gelombang yaitu gelomban pertama tanggal 21 September 2020, gelombang kedua tangal 19 Oktober 2020,  Kata Nurmaulita.

Nurmaulita juga menjelaskan, pada tahapan ujian viera untuk seleksi awal di ikuti 70 peserta dan terseleksi menjadi 18 orang peserta.

Dalam tahapan pelaksanaan ujian TOEIC , SMKN 3 Pematangsiantar mendaftarkan secara online pada link pendaftaran yang sudah disediakan, setelah itu sekolah mendaftarkan siswanya mulai kelas XI dan kelas XII pada link yang disediakan tersebut.

Juga melanjutkan download dan instalasi program seleksi calon, yakni program viera. Ujian seleksi dengan viera dilaksanakan secara CBT (Standart UBK).

Menjalankan test TOEIC bagi siswa yang lulus seleksi pada rentang jadwal ujian yang ditetapkan menyediakan infrastruktur berbasis UBK beserta tenaga teknis pendukung pelaksanaan ujian seleksi TOEIC.

Baca Juga  Masyarakat Tionghoa Bantu APD Ke Pemkab Asahan

Dalam pelaksanaan ujian TOEIC tersebut, peserta tetap menjalankan protokol kesehatan. ungkapnya.

Saat ditanya tujuan dari sertifikasi TOEIC Nurmaulita juga menerangkan; kegiatan sertifikasi tersebut  guna meningkatkan daya saing lulusan SMK, Direktorat  Pembinaan SMK memberikan kesempatan bagi siswa untuk memperoleh Bantuan Sertifikasi Internasional TOEIC dan ini tidak ada dipungut biaya dari peserta.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan daya saing siswa, mampu meningkatkan kompetensinya hingga dianggap lebih kompeten, karena sekolah kita ini kejuruan pariwisata jadi kemampuan untuk bahasa asing itu harus di utamakan biar kelak siswa lulus dari SMKN 3 Pematangsiantar siap diterma di bursa kerja” sebut Nurmaulita.

Penulis : Toni Tambunan
Editor    : Nilson Pakpahan

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Terapkan Prokes, Koramil Bersama Polsek Pemangkat Razia Tempat Nongkrong

Berita

Yudi Latief: Pancasila memiliki energi positif perkuat persatuan

Daerah

Selama Arus Mudik, PT KAI Tambah 203 Personil Keamanan

Berita

Pemerintahan Desa Nanga Ella Hilir dan Puskesmas Kecamatan Ella Hilir Kabupaten Melawi Menyelenggarakan Vaksinisasi*

Asahan

Atlit PRSI Asahan Jaga Kebugaran Latihan Sesuai Petunjuk Tim Monitoring KONI

Berita

Bupati Tapsel Sampaikan Nota Pengantar LKPJ APBD 2020 di Sidang Paripurna DPRD

Berita

Bupati Sambas, Satono : Memberikan Sosialisasi Tentang Pertanggung Jawaban Dana Hibah (Bansos)

Berita

Berita Tapsel. Puluhan Massa Keluarga Besar LIRA Tabagsel Gelar Demo Di Perkantoran Bupati Tapsel