Home / Internasional

Jumat, 31 Juli 2020 - 21:09 WIB

Tito Curhat Kendala Polisi Tangkap Djoko Tjandra 11 Tahun

69 Views
Terakhir Dibaca:1 Menit, 36 Detik

Kompasnasional | Persoalan birokrasi antarnegara disebut menjadi salah satu kendala utama pemerintah Indonesia kesulitan menangkap buronan kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra di luar negeri selama 11 tahun.

Hal itu diungkap Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian membeberkan berdasarkan pengalamannya saat menjabat sebagai Kapolri periode 2016-2019 lalu.

“Iya diantaranya itu, [kendala] birokrasi antar negara,” kata Tito usai menggelar Salat Iduladha di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (31/7).

Meski demikian, Tito tak merinci unsur birokrasi seperti apa yang menjadi penghambat penangkapan buron negara yang lari ke luar negeri tersebut.

Tito hanya mengatakan pasti ada unsur-unsur non hukum yang menjadi kendala dalam pemulangan buronan negara seperti Djoko. Padahal, tiap negara sudah memiliki perjanjian esktradisi yang sudah ditanda tangani kedua kepala negara.

Baca Juga  Liverpool Tantang AS Roma di Semifinal Liga Champions Eropa

“Jadi ada unsur-unsur non hukum di balik itu ya,” kata Tito.
Melihat hal itu, Tito mengapresiasi langkah kepolisian yang berhasil menangkap Djoko Tjandra.

Keberhasilan itu menurutnya memberi sinyal polisi berhasil menembus pelbagai kendala birokrasi dan hukum antarnegara yang dinilai penuh hambatan selama ini.

“Nah saya selaku Mendagri jujur menyampaikan aspirasi yamg sangat tinggi bagi Polri, Pak Kapolri, Kabareskrim dan tim. Ini prestasi mereka luar biasa,” kata Tito.

Sebelumnya, kepolisian berhasil menangkap Djoko Tjandra di Malaysia pada Kamis (31/7) kemari.
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit mengatakan keberhasilan penangkapan Djoko Tjandra itu dilakukan atas kerja sama antara Polri dengan Kepolisian Malaysia.

Baca Juga  Setelah Tewas, Muncul Karikatur Pemain Sepak Bola Brasil Masuk Surga

“Sore tadi kita bersama Bareskrim bersama tim khusus berangkat untuk melakukan pengambilan dan alhamdulillah berkat kerjasama kami dan kepolisian Malaysia saat ini Djoko Tjandra berhasil kita amankan,” ucap Listyo.

Listyo menjelaskan bahwa mulanya Kapolri Jenderal Idham Azis memerintahkan untuk mencari Djoko Tjandra. Kemudian, Polri mencari informasi keberadaan buronan tersebut di Malaysia hingga berhasil ditangkap dan dibawa pulang ke Indonesia.

“Kapolri kirim surat ke kepolisian Diraja Malaysia kita bersama melakukan kegiatan upaya pencarian. Dari pencarian tersebut, kami mendapat informasi yang bersangkutan ada di Malaysia dan menindaklanjuti dengan kegiatan police to police,” katanya.(CNNI/Red)

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Sebanyak 6.616 Jamaah Haji Indonesia Sudah Berada di Mekah,8 Dikakabrkan Meninggal Dunia

Berita

Ryamizard Sebut 40 Anggota Abu Sayyaf Tewas Diserbu Militer Filipina

Berita

Trump Sepakat Akhiri Shutdown Pemerintahan AS

Berita

Pertama dalam 40 Tahun, Populasi Beijing dan Shanghai Menurun

Internasional

Pengusaha Aljazair Rela Bayari Denda Wanita Berhijab di Eropa

Berita

Lebih dari 50 Orang Tewas Tersambar Petir di India

Internasional

Bus Ditumpangi 12 Wartawan Olimpiade 2016 Ditembak

Berita

Darmawan, Ketua DPP SBSI 92 Akan Mengambil Sikap Tegas