Power bank terbakar di pesawat China Southern Airlines (Foto: Screengrabs/Twitter)

KompasNasional.com, Beijing – Penumpang pesawat China Southern Airlines dikejutkan dengan kebakaran di bagasi kabin saat mereka menunggu waktu lepas landas di Bandara Baiyun International Guangzhou menuju Bandara Hongqiao International Airport di Shanghai, Minggu 25 Februari 2018 sore.

Api ternyata berasal dari power bank milik penumpang yang disimpan di dalam tas. Saat itu power bank sedang tidak digunakan.

Insiden ini menyebabkan penerbangan menuju Shanghai delay selama 3 jam. Para penumpang dipindahkan ke pesawat lain untuk melanjutkan perjalanan.

Dalam pernyataan melalui akun Weibo, China Southern Airlines menjelaskan, api di pesawat dengan nomor penerbangan CZ3539 itu berhasil dipadamkan dengan cepat sehingga tak sampai menjalar ke bagian lain.

Dalam video yang diunggah di media sosial, tampak kru kabin dan penumpang berhasil memadamkan api menggunakan air mineral dan jus. Tak lama kemudian petugas pemadam kebakaran bandara tiba di lokasi untuk memastikan api benar-benar padam.

China Southern Airlines memastikan tidak ada penumpang yang luka dalam insiden ini. Pewasat jenis Boeing 777-300ER juga hanya mengalami kerusakan ringan.

Pemilik power bank langsung dimintai keterangan pascakejadian ini.

Power bank dan alat elektronik lain yang menggunakan baterai jenis lithium-ion seharusnya ikut diperiksa sebelum penumpang melakukan boarding. Ada batas watt-hour yang diperbolehkan dibawa oleh penumpang ke kabin.

Beruntung kebakaran ini terjadi saat pesawat masih berada di darat.(Inews/TR)