Home / Berita

Rabu, 21 September 2022 - 17:35 WIB

Wako Edi Kamtono Hadiri Acara Robo Robo di Banjar Serasan 

Viewer: 33
0 0
Terakhir Dibaca:2 Menit, 16 Detik

PONTIANAK, KALBAR – KOMPAS NASIONAL.COM- Saprahan kue-kue tradisional terhampar di sepanjang Jalan Tanjung Harapan di lingkungan RW 07 Kelurahan Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur, Rabu (21/9/2022) pagi.

Kue-kue buatan warga beraneka ragam disajikan untuk merayakan robo-robo, di antaranya ketupat, kelepon, gamat, apam, putumayang, dokok-dokok, lepat ubi dan masih banyak lagi kue-kue tradisional lainnya.

Warga yang menghadiri robo-robo saling berbagi kue-kue yang dibawa mereka masing-masing.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono yang hadir di tengah-tengah warga larut dalam suasana akrab dan saling bercengkrama bersama warganya.

Edi mengapresiasi inisiasi warga yang menggelar robo-robo sebagai wujud melestarikan budaya.

Robo-robo selain bertujuan sebagai tolak bala, mendapat keberkahan serta keselamatan dan kebaikan kepada sesama, juga mengandung makna memperkuat tali silaturahim yang telah terjalin.

Makan bersama dalam tradisi robo-robo memiliki makna yang tinggi bagi masyarakat.

Karena memberikan ikatan tali silaturahim kekeluargaan yang kuat, saling menghargai dan bisa memberikan semangat untuk menjalankan kehidupan sehari-hari, ujarnya.

Baca Juga  PKK Tapsel Bawa "Oleh-oleh" Spesial Bagi Masyarakat Desa Mondang dan Janji Mauli Baringin

Menurutnya, tradisi robo-robo ini juga memiliki potensi yang besar untuk diangkat sebagai event wisata dengan kemasan yang lebih menarik sehingga bisa menjadi daya tarik wisata.

Robo-robo ini juga menggugah rasa kebahagiaan dan kegembiraan masyarakat serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kita mengapresiasi atas inisiasi warga menggelar robo-robo di lingkungannya masing-masing. Kalau sudah tradisi ini terbiasa digelar, bisa saja kita lakukan di beberapa tempat, ungkapnya.

Selain bernilai wisata, Edi menyebut robo-robo juga sebagai momen bermunculannya kue-kue tradisional yang mungkin sudah sulit didapat di pasaran.

Warga membuat kue-kue tradisional itu untuk bernostalgia ketika semasa kecil dulu sering menikmati kue-kue yang dibuat oleh orang tuanya.

Kue-kue itu mungkin sudah jarang ada yang membuatnya saat ini. Nah, momen robo-robo ini banyak kita temui kue-kue tersebut, imbuhnya.

Ketua RT 04 RW 07 Kelurahan Banjar Serasan Kecamatan Pontianak Timur, Syarif Said Alkadrie menyatakan, setiap tahunnya pihaknya menggelar robo-robo secara rutin dengan makan bersama di lingkungan ini.

Baca Juga  Walikota Siantar Serahkan Beasiswa BRI Kepada Pelajar, Serentak se- Indonesia

Masing-masing warga membawa makanan berupa kue-kue tradisional untuk disajikan secara saprahan.

Warga saling berbagi kue-kue yang dibawanya untuk kemudian makan bersama. Ada lima RT di RW 07 yang merayakan robo-robo.

Ini sudah menjadi adat tradisi warga kami terutama di wilayah Kelurahan Banjar Serasan setiap bulan Safar tahun Hijriah hari Rabu pekan terakhir kami melaksanakan robo-robo, ungkapnya.

Said menambahkan, banyak manfaat yang terkandung dalam robo-robo. Pertama, warga saling bersilaturahmi, yang mana dalam keseharian mungkin ada warga jarang bertemu atau jarang berkomunikasi karena kesibukan masing-masing. Kedua, warga saling berbagi makanan sehingga menambah keakraban dan kekompakkan.

Di momen ini lah kadang-kadang banyak kue-kue yang jarang kita temui di pasar pada umumnya, dibawa oleh warga saat robo-robo, pungkasnya.

(Hasnan Sutanto)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Tokoh Dayak Kalsel Ramon Dipercaya jadi Ketua DPW DJM 1 Kali Lagi untuk Memenangkan Jokowi

Berita

DPRD Gelar Paripurna, Bupati Halsel Paparkan Capaian Program 100 Hari Kerja

Berita

Surprise! Sibuk Angkut Batu, Tiga Prajurit TNI Naik Pangkat

Berita

Kementerian PUPR Bangun Infrastruktur Air Baku di Sungai Kunyit Kab.Mempawah Kalbar 

Berita

Mabes Polri Kerahkan Tim TAA Usut Kecelakaan Beruntun di Balikpapan

Berita

Patroli Malam Anggota Polsek Meliau Sambangi Obyek Vital

Berita

HMI Cabang Padangsidimpuan Audensi Bersama Walikota

Berita

Secara” Kilat” Imanuel Lingga SH Terpilih Jadi Karang Taruna Siantar