Home / Berita

Rabu, 23 Desember 2020 - 00:39 WIB

Walikota Psp Hadiri Panen Raya Padi Di Desa Partihaman Hutaimbaru

82 Views
Terakhir Dibaca:1 Menit, 29 Detik

Padangsidimpuan, Kompas Nasional – Walikota Padangsidimpuan (Psp) Irsan Efendi Nasution,SH serta jajarannya Hadiri Panen Raya Padi Di Desa Partihaman Saroha, Kecamatan Hutaimbaru, Selasa (22/12/2020)

Dalam kesempatannya, Walikota Psp Irsan Efendi Nasution,SH mengatakan, bahwa Desa Partihaman Saroha Kec. Psp Hutaimbaru memang dikenal dengan masyarakat yang mata pencahariannya bersumber dari pertanian. Padi Sawah, Salak, dan Tanaman Karet merupakan komoditas unggulan di Desa Partihaman Saroha, Ujar Walikota.

Dijelaskannya,  luas lahan sawah yang mencapai 40 Hektare di Desa Partihaman Saroha milik masyarakat merupakan aset yang sangat berharga untuk mempertahankan lumbung padi di Kota Psp ini.

Baca Juga  DPRD Kalbar Setujui Dua Raperda Pemprov Kalbar Menjadi Perda

Sebagai sebuah Kota, Kota Psp mampu mencukupi kebutuhan Beras dalam daerah, dan hal ini (panen raya padi) sangat bagus untuk mencukupi ketahanan pangan daerah dimasa Pandemi Covid-19, Jelas Irsan.

Dipintanya, agar masyarakat senantiasa mempertahankan lawan persawahan tanpa mengalihfungsikan kebentuk bangunan, Pinta Walikota.

Disebutkannya, bahwa Pemko Psp telah menyiapkan draft Ranperda tentang Pertanian Berkelanjutan dan hal-hal yang mengatur alihfungsi lahan persawahan. Ranperda tersebut diharapkan mampu mempertahankan areal persawahan dan perkebunan yang tersisa di Kota Psp yang kita cintai ini, Sebutnya

Tampak Walikota bersama Ketua DPRD, Kapolres, Kajari melakukan panen perdana padi secara manual untuk menghitung estimasi hasil panen padi. Selain itu, Walikota mencoba Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Mesin Pemanen Padi (Combine Harvester).

Baca Juga  SMKN 1 Siantar Workshop Penyusunan Budaya Kerja

Disela-sela Panen Raya Walikota berharap agar petani dengan didampingi penyuluh pertanian bisa mengandalkan teknologi pertanian. Ia juga mengajak petani untuk mencoba varietas baru yang lebih unggul yang memungkinkan lebih banyak menghasilkan produksi, Ajak Walikota.

Diterangkannya, untuk diketahui hasil produktivitas Panen Raya komoditas Padi di Partihaman Saroha sebanyak 8 Ton/Hektare.Diharapkannya, kedepan petani bisa lebih meningkatkan produktivitas dengan mengembangkan teknologi pertanian. “Kalau kali ini kita panen 8 Ton/Hektare, Panen selanjutnya kita berharap bisa 12 Ton/ Hektare”, Ucap Irsan. (K Ikhfan). 

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

KAPOLRES TOBA, SAYA TETAP JALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN WARTAWAN,DI USIR ITU HOAKS

Berita

Ditipu Tukang Sayur, Satu Keluarga Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Konsumsi Sabzi Ganja

Berita

Bentuk Posko Check Point, Upaya Kodim Sambas Perangi Covid-19*

Berita

TPID Sidak Pasar,Harga Bahan Pokok Relatif Stabil Jelang Bulan Puasa

Berita

Timor Leste Ingin Gabung Indonesia, Denny: Jadi Negara Termiskin, Percaya Gombalan Australia Sih!

Berita

Haedar: Jangan Angkuh, Merasa Wabah Sudah Berakhir

Asahan

Diduga Mencemarkan Nama Baiknya, Sugianto Hadiri Panggilan Polisi Didampingi Kuasa Hukumnya

Berita

Masyarakat Jawa Timur Berserta Tokoh Agama Komit Bentuk DJM Dua Periode Hingga Pelosok Desa