Home / Berita

Rabu, 24 November 2021 - 20:57 WIB

Wujudkan Merdeka Belajar, SMAN 2 Bandar Gelar Workshop Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran

225 Views
Terakhir Dibaca:2 Menit, 4 Detik

Kompas Nasional l SIMALUNGUN-Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar dirancang untuk menjawab persoalan yang dirasakan guru dalam menjalani profesinya. Guru seringkali memiliki banyak tugas dan tanggung jawab baik yang terkait dengan pembelajaran dan administrasi. Guru sering mengikuti banyak pelatihan namun tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Guru yang merasa kelelahan dan merasa tidak berkembang kariernya meskipun sudah mengajar bertahun-tahun. Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar adalah program yang bertujuan untuk membantu guru mendapatkan kunci pengembangan diri: kemerdekaan, kompetensi, kolaborasi dan karier.

Guna mewujudkan program tersebut Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Bandar Jalan Siantar-Perdagangan, Kerasan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara menggelar Workshop Pengembangan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran.

Workshop yang digelar selama dua hari dari Selasa-Rabu 23-24 November yang di ikuti sebanyak 48 tenaga pendidik SMAN 2 Bandar juga yang menghadirkan nasumber dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Baca Juga  Bupati Sri Wahyuni Dinonaktifkan, Kenapa Tak Ada Teguran Dulu? Berikut Alasannya ke Amerika Serikat

Adapun yang di bahas pada workshop tersebut yakni paparan materi “merdeka belajar” sebagai narasumber antara lain Janurita Panggabean SPd, Paparan materi desain pembelajaran merdeka belajar dan praktik penyusunan RPP merdeka belajar. Nurlela R. Marpaung SPd,MSi, paparan materi Asesmen merdeka belajar dan praktik asesmen merdeka belajar. Mariahma Tambunsaribu S.Si,MSi, praktik pemanfaatan akun belajar Id dan gemifikasi pembelajaran dan  Herman Setiadi SPd.

Kepala SMAN 2 Bandar Janurita Panggabean, SPd dalam pemaparannya menjelaskan, bahwa melalui kegiatan workshop tersebut  nantinya diharapkan guru guru lebih meningkatkan proses pembelajaran dengan pendekatan yang sistematis, merancang kurikulum dan instruksi pembelajaran bagi siswa yang beragam kemampuannya, minatnya serta kebutuhan belajarnya, terbuka untuk semua dan memberikan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh setiap individu.

“Keberagaman dari setiap individu murid harus selalu diperhatikan, karena setiap peserta didik tumbuh di lingkungan dan budaya yang berbeda sesuai dengan kondisi geografis tempat tinggal mereka”.kata Janurita Rabu,(24/11/21).

Baca Juga  Satu-satunya di Dunia, Foto 108 Tahun Ungkap Gunung Es yang Menenggelamkan Titanic dalam Tiga Jam

Pembelajaran dilakukan dengan beragam cara untuk memahami informasi baru bagi semua murid dalam komunitas ruang kelasnya yang beraneka ragam, termasuk cara untuk: mendapatkan konten,mengolah, membangun, atau menalar gagasan dan mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran evaluasi sehingga semua murid di dalam suatu ruang kelas yang memiliki latar belakang kemampuan beragam bisa belajar dengan efektif.

Selain itu juga, Lanjut Janurita, guru dapat  memastikan setiap murid di kelasnya tahu bahwa akan selalu ada dukungan untuk mereka di sepanjang prosesnya.

“Dengan Workshop ini nantinya dibangun komunitas belajar yaitu komunitas yang semua anggotanya adalah pembelajar. Guru  mengembangkan murid-muridnya untuk mengembangkan sikap-sikap dan praktik-praktik yang selalu mendukung lingkungan belajar. Untuk mewujudkan merdeka belajar,” harapnya.

Toni Tambunan.

0 0
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleppy
Sleppy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Share :

Baca Juga

Berita

Lanal TBA Prakarsai Bhakti Sosial Sambut HUT TNI Ke 76

Berita

Dukung Percepatan Dan Pencapaian Target Vaksinasi Babinsa Parit Raja Kawal Pelaksanaan Vaksin Warga.

Berita

Disela Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun, Sekda Tapsel Ingatkan Pentingnya Prokes

Berita

Gubernur Serahkan Bantuan Keuangan Kepada 12 Parpol di Kalbar

Berita

Bupati Kubu Raya Ingatkan Jadi PNS yang Berkarakter dan Tidak Cengeng

Berita

Pangdam XII/Tpr dan Forkopimda Hadiri Vaksinasi Massal oleh BEM di Kalbar

Berita

CPNS Tidak Bisa Ajukan Pindah Tugas Selama 10 Tahun Masa Pengabdian

Berita

MTQ Tingkatkan Minat Generasi Muda Baca dan Amalkan Al Quran